images2.jpgBerikut ini beberapa tips untuk membantu mengurangi pemanasan global (global warming).
1. Kurangi penggunaan tas plastik & kertas
Kalau cuma beli teh kotak 1 dan cemilan 1 bungkus, gak usah pake tas plastik gak papa kan? Bayangkan, kalau dalam satu hari kita bisa mengurangi pemakaian 2 buah tas plastik saja, berarti dalam 1 tahun lebih dari 500 tas plastik yang bisa kita kurangi. Dikalikan satu kampung, satu kota, satu negara… Jadi banyak deh! Mengurangi seperempat jumlah sampah kita sama artinya dengan mengurangi ratusan kilogram emisi karbon dioksida setiap tahunnya.

Untuk keperluan nge-print draft atau corat-coret di kantor, gunakan kertas bekas. Selain menghemat pengeluaran kantor, bayangkan berapa banyak pohon yang akan terselamatkan!

2. Kurangi penggunaan AC
Waktu tidur malam hari, jangan stel AC terlalu dingin. Dengan menaikkan suhu AC kita 2 derajat saja setiap harinya, kita bisa mengurangi penggunaan karbon dioksida hingga 1 ton setiap tahun!Apalagi jika mematikan AC….^_^
Tips menghemat AC:
* Jika ruangan sudah terlalu dingin, kecilkanlah AC
* Tutuplah pintu ruang-ruang yang tidak terpakai, dan tutuplah pintu dan jendela dalam ruangan ber-AC
* Matikan lampu dan alat listrik lainnya saat meninggalkan ruangan
* Gunakanlah lampu kecil yang terfokus ke daerah kerja, seperti untuk membaca, menjahit, menulis, dsb daripada menggunakan lampu besar yang boros.
* Jika membeli lampu belilah lampu fluorescent atau (Compact Fluorescent Light/CFL). Meski lebih mahal harganya namun bisa menghemat 80 persen dan delapan kali lebih lama dibanding lampu pijar

3. Ganti bola lampu dengan lampu hemat energi
Lampu hemat energi (compact fluorescent light atau CFL) nampaknya lebih mahal dibandingkan bohlam lampu biasa. Padahal, lampu jenis ini 10 kali lebih awet, menghemat energi lebih dari 60%, dan panas yang dihasilkan 70% lebih sedikit, sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca.

4. Drive Smart
Oke deh, memang sistem transportasi dan kemacetan di Indonesia yang semrawut mengakibatkan polusi tingkat tinggi. Tapi masih ada hal-hal yang kita bisa kita lakukan kok untuk menghemat energi. Contohnya, menjaga agar ban mobil kita tidak ‘kurang angin’ sehingga lebih hemat bahan bakar. Untuk transportasi jarak dekat, lebih baik jalan kaki, bersepeda, atau naik kendaraan umum saja!

5. Matikan keran & peralatan listrik yang tidak terpakai
Biasakan untuk mematikan lampu pada saat kita keluar dari ruangan. Matikan juga TV, stereo. Pada saat kita menggosok gigi atau mencuci mobil, matikan keran supaya air tidak terbuang percuma.

6. Matikan Komputer…..
Biasakan mematikan komputer setelah memakainya. Misal: kita biasa tidur mendengarkan mp3 lewat komputer, maka ganti ke mp3 player atau kaset. Ingat Matikan komputer……^_^

7. Tanam pohon, yuk!
Selain menyegarkan mata, ingat kan pelajaran biologi di sekolah dulu.. menanam tanaman akan mengurangi jumlah karbon dioksida di sekitar kita. Tau nggak,menanam tanaman sederhana seperti spider plant (tanaman hias berdaun ramping bergaris-garis putih, banyak dijual di tukang tanaman) saja bisa mengurangi jumlah karbon dioksida di sekitar kita sebanyak 60 persen!

8. Gunakan produk-produk yang ramah lingkungan
Berhati-hatilah memilih produk apapun yang kita beli. Misalnya, telitilah apakah sabun cuci yang kita pakai mudah terurai atau tidak. Pilihlah mobil yang hemat bahan bakar, dan komputer atau laptop yang sudah memiliki tanda “energy star”. Untuk membersihkan kamera, laptop, atau aneka gadget lainnya, cukup gunakan Chammy. Chammy dibuat dari 100% chamois leather asli yang diproses melalui proses yang ramah lingkungan, tanpa penggunaan bahan kimiawi. Selain itu, Chammy bisa dipergunakan berulangkali, sehingga amat ekonomis.

Kalau tidak dimulai dari kita, siapa lagi??

Sumber :http://www.stopglobalwarming.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: