Bola dunia Hilter

San Francisco (ANTARA News) – Sebuah globe (tiruan bola dunia) milik diktator Nazi, Adolf Hitler, terjual dalam lelang di San Francisco dengan harga 100.000 dolar atau sekitar Rp930 juta pada seorang pengusaha lokal.

“Banyak emosi terkait dengan bola dunia itu,” kata jurubicara pembeli, Bob Pritikin, kepada stasiun televisi lokal KGO. “Benda ini merupakan salah satu barang yang amat disayangi sebagai bagian sejarah.”

Globe itu dijual oleh John Barsamian, seorang warganegara Amerika berusia 91 tahun yang pernah menjadi perwira militer di Jerman pada akhir Perang Dunia II.

Ia menenukan benda ini di “Sarang Elang”, yakni tempat peristirahatan dan markas besar Hitler di Pegunungan Alpen di Berchtesgaden, Jerman selatan, dekat perbatasan Austria.

Barsamian, yang saat itu berusia 28 tahun, mengungkapkan ia memperoleh ijin dari atasannya untuk mebawa bola dunia itu ke California, tempat benda itu dan lubang pecahannya berserakan di lantai selama 60 tahun.

Veteran perang itu mengatakan dirinya merencanakan akan menyumbangkan sebagian hasil lelang ke lembaga amal dan memanfaatkan sisanya untuk membayar utang, demikian laporan DPA. (*)

sumber:http://www.antara.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: