Prepare Yourself

DALAM HIDUP, KITA TIDAK HARUS SELALU TERPAKU PADA PENEMPILAN LUAR SAJA. BAGAIMANA KALAU KITA JUGA MENDANDANI KEPRIBADIAN AGAR TIDAK KALAH MENARIK DENGAN PENAMPILAN? GAK ADA SALAHNYA KALAU KITA MEMBAWA PERANGKAT HATI BERIKUT INI KE MANA PUN KITA PERGI.

1. AMBISI

SEBELUM TIDUR, COBALAH UNTUK MENULIS SATU HAL KECIL YANG SANGAT INGIN DIRAIH PADA SECARIK KERTAS. MISALNYA, MENDAPAT NILAI SEMPURNA UNTUK ULANGAN FISIKA BESOK. GAK ADA SALAHNYA KALAU KAMU MEMBERLAKUKAN HUKUMAN UNTUK DIRIMU SENDIRI JIKA AMBISIMU TIDAK TERCAPAI HARI INI. HARI YANG DIMULAI DENGAN SEBUAH CITA2 AKAN TERASA JAUH LEBIH BERARTI. KALAU ‘AMBISI’ KETINGGALAN, MUNGKIN SAJA KAMU AKAN MENGELUH SEHINGGA MEMBUAT KAMU MALAS UNTUK MELAKUKAN APA2 KARENA KAMU TIDAK MELIHAT HIDUP SEBAGAI SESUATU YANG PUNYA TUJUAN.

2. OPTIMISME

SAAT KAMU BANGUN PAGI, BUKA JENDELA KAMAR DAN BIARKAN SINAR MATAHARI MASUK. SEBAIKNYA JANGAN BERPIKIR KEMUNGKINAN TERBURUK YANG AKAN TERJADI HARI INI. JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK MENCOBA HAL2 BARU HANYA KARENA KAMU TIDAK MAU GAGAL. UBAH CARA BERPIKIRMU, COBALAH UNTUK MELIHAT SETIAP KEGAGALAN SEBAGAI PELAJARAN MENUJU SUKSES.

3. SEMANGAT

SETELAH BUKA JENDELA DAN MENGHIRUP UDARA PAGI, GAK ADA SALAHNYA KAN UNTUK MELUANGKAN WAKTU SEBENTAR UNTUK BEROLAHRAGA? LAKUKAN DENGAN SEMANGAT. ENERGIMU BERTAMBAH DAN HASILNYA AKAN MAKSIMAL. KALAU SAMPAI KETINGGALAN, BERKEMUNGKINAN BESAR KAMU AKAN MERASA LELAH KARENA KAMU BERPIKIRAN, ‘KALAU MASIH ADA HARI ESOK, KENAPA HARUS SEKARANG?’

4. SMILE

WAKTUNYA BERSIAP2 KE SEKOLAH/KAMPUS. MASUK KAMAR MANDI DAN LAKUKAN SENAM WAJAH DI DEPAN KACA. GEMBUNGKAN PIPI, LALU HEMBUSKAN UDARA DI DALAMNYA SAMPAI BIBIRMU MEMBENTUK HURUF O. SUDAH? LAKUKAN JURUS TERAKHIR. TARIK KEDUA UJUNG BIBIR KE ARAH YANG BERLAWANAN. IYA, KAMU TERSENYUM. EKSPRESI TERSENYUM YANG PALING MISKIN PUN BISA MEMBUAT ORANG YANG MELIHAT JUGA BISA IKUT SENANG LOH, APALAGI JIKA KAMU TERSENYUM DENGAN SEPENUH HATI. KALAU KAMU MENINGGALKAN RUMAH TANPA SENYUM, KEMUNGKINAN BESAR HARIMU DIAWALI DENGAN CEMBERUT. TEMAN2 AKAN MENGIRA KAMU SEDANG TIDAK INGIN DIGANGGU, JADI MEREKA MALAS BERURUSAN DENGANMU.

5. PERCAYA DIRI

KEMBALI LAGI KE KAMARMU. SAATNYA LATIHAN NGOBROL DENGAN IMAGINARY FRIEND. ANGGAP SAJA IA TEMAN BARU YANG KAMU TEMUI HARI INI. RASA PERCAYA DIRI ITU DAPAT TERPANCAR DARI MATAMU LHO. JADI, PASTIKAN KAMU TIDAK MALU UNTUK MEMPERKENALKAN DIRI. SEANDAINYA RESPON TEMAN BARU ITU TIDAK SEPERTI YANG KAMU HARAPKAN, JANGAN KECEWA. BERPIKIRLAH POSITIF. SETIDAKNYA KAMU SUDAH MENINGGALKAN KESAN BAIK TERHADAPNYA, KAN?

6. DISIPLIN

KALAU ADA YANG PUNYA KEBIASAAN KEMBALI KE BALIK SELIMUT SETELAH SHALAT SUBUH SAMBIL BERMALAS2AN, BUKAN SEKARANG WAKTUNYA, TEMAN! JANGAN BUANG WAKTU, SIAPKAN DIRIMU UNTUK BERANGKAT KE SEKOLAH/KAMPUS. IKUTILAH JADWAL YANG SUDAH KAMU BUAT DENGAN TERATUR. SIAPKAN DIRIMU UNTUK MENDAPATKAN SURPRISED BETAPA BANYAKNYA WAKTU LUANG YANG BISA KAMU GUNAKAN UNTUK HAL BERMANFAAT. KALAU SAMAPI KETINGGALAN, SEMUA AKAN MEMAKLUMI KALAU KAMU TELAT KE SEKOLAH/KAMPUS. RASA DISIPLINMU KETINGGALAN DI RUMAH BERSAMA BUKU PR YANG ISINYA KOSONG KARENA BELUM DIKERJAKAN. (PSIKOLOGI UNP/ P’MAILS EDISI 133 TAHUN III)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: