Aplikasi DSS untuk Membangun Virtual class

Kegiatan belajar mengajar formal biasanya dilakukan dalam ruang kelas dengan kondisi dimana guru atau dosen mengajar di kelas sambil sekali-sekali menulis materi pelajaran di papan tulis. Seiring dengan majunya zaman, pembelajaran seperti itu terkadang memiliki banyak kendala, antara lain batasan geografis dan biaya sehingga proses belajar jadi terhambat.
Virtual Class yaitu kelas virtual dimana dosen dan mahasiswa tidak harus bertatap muka dalam suatu kelas, tetapi dapat digantikan dengan aplikasi video streaming. Dimana prosesnya dimulai dari dosen yang mengcapture dirinya dengan webcam yang kemudian dikirim ke broadcaster (MPEG4IP) selanjutnya di kirim ke Darwin Streaming Server (DSS) untuk di-broadcast ke semua mahasiswa. Pada aplikasi virtual class ini, telah dibuat aplikasi website dimana pada page awal mahasiswa harus melakukan proses authentifikasi dengan memasukkan username, password. Setelah user berhasil login maka user dapat melakukan beberapa akses antara lain streaming, ujian online, dan proses tanya jawab dengan menggunakan AJAX chating, Sehingga selain bisa mengikuti kuliah secara real time, mahasiswa juga dapat melakukan tanya jawab secara online. Pada sisi client tidak diperlukan menginstall aplikasi streaming client, cukup menggunakan web browser. Dan di sisi client tidak bergantung pada suatu sistem operasi.

Bentuk topologi yang digunakan sebagai berikut :

topologi vclass

Contoh tampilan virtual class :

vclass2

Aplikasi ini cocok untuk digunakan pada perkuliahan jarak jauh

vclass3

Sistem Virtual Class

sistem vclass

Sistem Virtual Class dengan menggunakan aplikasi Darwin Streaming Server (DSS) terdiri dari 3 bagian utama yaitu bagian broadcaster, bagian streaming server, dan bagian web server.
Pada bagian broadcaster digunakan paket open source, MPEG4IP, yang berfungsi sebagai penerima capture (bentuk gambar atau video) dari web camera, yang kemudian dikirimkan ke streaming server yang sebelumnya telah dilakukan encoding terlebih dahulu terhadap video yang dikirim.
Bagian streaming server berfungsi sebagai penerima video dari broadcaster yang kemudian didistribusikan ke client atau user. Dari streaming server ini kita dapat melihat siapa saja yang melakukan akses, berapa banyak paket yang hilang dalam pengiriman video, berapa bandwidth yang digunakan, dan berapa lama waktu yang digunakan user dalam mengakses video. Streaming server ini mengggunakan software open source Darwin Streaming Server (DSS).
Bagian web server berfungsi sebagai pengatur utama dalam interaksi langsung dengan user yang merupakan bentuk penyajian akhir dari system yang dibangun. Dalam web server ini juga dibangun system chating dengan menggunakan AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) dan system ujian online yang berfungsi untuk menigkatkan interaktifitas user terhadap dosen pengajar.

2 Komentar (+add yours?)

  1. Sritrusta Sukaridhoto
    Okt 23, 2008 @ 00:12:48

    maaf isi konten di server “kebo.vlsm.org” berubah dikarena pergantian mesin

    Balas

  2. sya
    Mei 13, 2009 @ 04:19:19

    donlotnya dimana yah? makasih..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: