Kurang Vitamin E = Sengsara di Masa Tua

JIKA Anda ingin tetap sehat dan aktif saat memasuki usia lanjut, jangan sampai Anda kekurangan vitamin E, demikian anjuran peneliti berdasarkan riset terbarunya.

Kekurangnya vitamin E memang kerap diidentikan dengan buruknya kualitas nutrisi. Dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan Journal of the American Medical Association, rendahnya vitamin E dapat mempengaruhi penurunan kemampuan fisik orang lanjut usia.

Sebelum sampai pada kesimpulan, para ahli menganalisa kualitas nutrisi serta fungsi fisik pada 698 orang berusia 65 tahun ke atas di kota Tuscany, Italia. Mereka melakukan pengujian mengenai hal-hal fisik dasar yang dilanjutkan dengan pemantauan selama tiga tahun dari 1998 hingga 2003.

Dipimpin oleh Benedetta Bartali dari Yale University School of Medicine, para ahli mengukur kadar mikronutrisi dalam darah termasuk vitamin B6, B12, D dan E. Peneliti menemukan bahwa dengan mempertimbangkan berbagai faktor, hanya kadar rendah vitamin E yang secara signifikan berpengaruh pada penurunan kemampuan fisik.

“Meskipun temuan dari studi epidemiologis ini tidak dapat menegaskan adanya kausalitas, para peneliti menghadirkan dasar yang kuat bahwa kadar rendah vitamin E memiliki kontribusi terdahap penurunan fungsi fisik ,” ujar peneliti dalam laporannya.

Para partisipan dalam riset ini tercatat tidak mengonsumsi suplemen vitamin, atau pun dianjurkan untuk mengonsumsinya. Peneliti juga mencatat bahwa jumlah kadar vitamin E yang cukup dapat diperoleh dari sejumlah makanan seperti almond, tomat, biji bunga matahari dan jenis makanan lainnya.

2 Komentar (+add yours?)

  1. astrozombiebonaparte
    Mei 18, 2008 @ 05:49:39

    gua gak peduli..

    hoi.. tapi ngomong2 tau gak caranya supaya cepet gemuk…

    rep yee.
    qlt

    Balas

    • ctella93
      Feb 28, 2010 @ 06:57:57

      kalau mnurut saya,,cara supaya mjd gemuk bsa mengkomsumsi makanan berlemak dan brkarbohidrat pada malam hari…..itu saja masukan dari saya…semoga berguna ya😀

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: