Robot Tapi Bisa Senyum, Sedih, dan Marah

Nexi,robot buatan MIT, yang wajahnya dapat berekspresi seperti manusia. Riset robotika di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan mitranya menghasilkan robot yang dapat meniru ekspresi emosi manusia. Wajah robot bernama Nexi tersebut bisa berubah-ubah sehingga bermimik seperti orang yang sedang sedih, marah, tersenyum, dan ekspresi lainnya.

Struktur mukanya dibuat sedemikian rupa sehingga dapat melakukan kombinasi gerakan untuk membentuk berbagai ekspresi. Bagian lehernya dapat melakukan putaran empat derajat dan diatur agar dapat bergerak secepat leher manusia. Wajahnya dilengkapi bagian-bagian yang meniru rongga mata, alis, kelopak mata, dan rahang. Kombinasi gerakan bagian-bagian ini akan membentuk variasi ekspresi.

Kedua bola matanya yang dapat digerakkan di dalam rongga mata dilengkapi sensor cahaya. Di keningnya terdapat kamera inframerah untuk merekam citra visual di sekitarnya. Di kepalanya juga dipasang empat mikrofon untuk mendukung pemrosesan suara.

Bagian tubuh lainnya juga sudah dilengkapi teknologi canggih. Ia memang belum punya dua kaki seperti manusia, namun dua roda di alasnya sangat fleksibel bergerak ke mana saja. Lengannya dapat mengangkat benda hingga sebarat 5 kilogram. Plastik pmebungkus di tubuhnya dapat mengenali sentuhan manusia.

Saat ini, robot tersebut sedang dilatih untuk bereaksi terjadap dorongan emosi tertentu. Robot ini merupakan hasil kerja sama MIT dengan dua perusahaan teknologi robotika. Jika bagian kepalanya dikembangkan bersama Xitome Design, bagian tubuhnya dikerjakan dengan UMASS Amherts.Waah Qren y..Lama-Lama dunia ini penuh dengan teknologi yg canggih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: