Awan Buatan Dapat Dibentuk Sesuai Keinginan

Flogo melayang di langit seperti awan namun bentuknya dapat diatur sesuai keinginan.

Awan yang berarak di langit seringkali kita bayangkan sebagai bentuk tertentu, entah itu bentuk hewan, mobil, kuda, atau muka orang. Ilusi yang membuat orang berkhayal seperti itu dalam waktu dekat dimanfaatkan sebuah perusahaan menjadi media iklan baru.

Sebuah perusahaan di AS telah mengembangkan teknologi yang dapat meniru awan bahkan membentuknya sesuai keinginan. Strukturnya memang beda dengan awan alami namun sama-sama ringan dan melayang di udara. Awan buatan tersebut pada dasarnya terbentuk dari gelembung-gelembung udara seperti gelembung sabun yang saling menempel dan tahan lama.

Perusahaan tersebut membuat mesin yang dapat mencetak gelembung-gelembung tersebut dan membentuk sesuai permintaan, apakah itu logo perusahaan atau maskot seperti kepala Mickey Mouse. Setiap objek yang diberi nama Flogo ini berukuran panjang maksimal 60 centimeter dan lebar 30 centimeter. Setiap flogos bisa tahan di udara antara beberapa menit hingga satu jam tergantung kondisi atmosfer.

“Mereka bisa terbang berkilo-kilometer, karen amasng-masing tahan lama,” ujar Fransisco Guerra, penemu teknologi flogo. Setipa flogo dapat terbang hingga ketinggian rata-rata antara 90 hingga 150 meter meskipun secara teori bisa tahan sampai 6.100 meter.

Guerra memastikan bahan yang dipakai aman bagi lingkungan dan tidak membahayakan penerbangan. Namun, tentu saja warna objek yang dapat dibentuk flogo hanya putih.

Alat pembuatnya dapat menghasilkan flogo setiap 15 detik sekali. Perusahaan yang berminta menggunakannya dapat menyewa seharga 2500 dollar AS.

1 Komentar (+add yours?)

  1. chasper MIRC channel #op-warnet
    Des 08, 2008 @ 07:02:27

    masukin juga proses pembuatan awan nya dung🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: