Texas diserbu semut gila

Bencana silih berganti mendatangi Benua Amerika. Setelah banjir dan angin ribut, kini berganti gelombang jutaan semut mendatangi Texas. Semut-semut itu merangsek ke rumah-rumah dan taman, menghuni meteran listrik, dan mengacaukan komputer.

Makhluk berbulu coklat kemerahan itu dikenal dengan sebutan “semut rasberry gila” (Paratrenicha species near pubens). Gila karena mereka tidak berjalanan beriringan, tetapi berlarian ke sana kemari tanpa pola. Rasberry sendiri diambil dari nama Tom Rasberry, seorang pembasmi yang melawan mereka baru-baru ini.

“Makhluk itu sebesar lalat, lari ke sana kemari. Jumlahnya banyak sekali. Kalau Anda melihat balapan mobil, seperti itulah mereka. Larinya makin cepat saja. Mereka gila,” kata Patsy Morphew, warga Pearland yang secara berkala menyapu hewan-hewan itu dari selasar dan menyerok mereka dari kolam renangnya, Rabu (14/5) atau Kamis (15/5).

Semut ini diketahui telah menyebar ke lima county di Houston sejak diketahui pertama kali di Texas pada 2002. Diyakini baru-baru ini, semut itu sampai di wilayah itu melalui pelabuhan Houston. Para ilmuwan tidak terlalu yakin dari mana asal semut itu, tetapi spesies lain yang masih satu keluarga dengan semut itu diketahui tinggal di kawasan Karibia. “Pada titik ini, nyaris tidak mungkin memberantas mereka karena sudah menyebar ke mana-mana,” kata Roger Gold, entomolog dari Texas A&M University.

Tetapi masih ada berita baiknya. Mereka memangsa semut api yang selama menjadi teror saat musim panas di Texas. Mereka juga mengisap cairan manis dari tumbuh-tumbuhan, makan kumbang kecil yang menguntungkan tanaman, dan memangsa ayam bungkuk kecil yang nyaris punah, ayam padang Attwater. Mereka juga menggigit manusia, meski tidak sesakit gigitan semut api.

Lebih buruk lagi, ternyata seperti jenis-jenis semut lain semut gila rasberry ini juga suka pada alat-alat listrik. Apa alasannya, hingga sekarang tak satu pun ilmuwan yang benar-benar paham.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: