Udang Mantis Bisa Melihat “Hantu”

Udang mantis (Odontodactylus scyllarus).

Dengan mata supernya, udang mantis yang hidup di sekitar terumbu karang mungkin dapat melihat hantu. Betapa tidak, hewan tersebut dapat melihat warna pantulan cahaya ultraviolet hingga inframerah.

Jika manusia hanya dapat melihat dengan kombinasi 3 warna primer, mata udang mantis dapat membedakan dengan kombinasi 11-12 warna primer. Selain itu, udang mantis juga memiliki kemampuan melihat langsung warna cahaya berbeda-beda dari polarisasi cahaya.

Seperti halnya beberapa hewan lainnya, seperti burung parkit dan semut, kemampuan melihat cahaya yang terpolarisasi dimanfaatkan untuk navigasi dan melihat mangsa. Mereka dapat melihat perubahan pola warna pantulan cahaya jika jatuh dari sudut berbeda-beda di permukaan benda.

“Udang mantis sungguh hewan yang aneh dan sekarang kami menemukan bahwa spesies ini dapat melihat dunia yang gaib bagi sebagain besar dari kita,” ujar Andrew White, salah satu peneliti dari Universitas Queensland, Australia.

Bahkan, udang mantis dapat melihat polarisasi cahaya lebih kompleks yang disebut circular polarization. Polarisasi yang terjadi bukan hanya karena berkas cahaya yang jatuh lurus ini sangat jarang terjadi. Hanya beberapa benda yang menghasilkan polarisasi semacam ini, mislanya kunang-kunang, klorofil daun, kumbang jimat, dan tubuh udang.

1 Komentar (+add yours?)

  1. heri
    Mei 23, 2008 @ 08:27:09

    keren ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: