About Sofware Bajakan

Bangsa kita terkenal dalam urusan menjiplak sebuah karya (dari karya seni sampai karya teknologi).Itu semua menunjukan betapa masyarakat Indonesia tidak kreatif dan tidak mempunyai etos kerja,Sehingga para pencipta yang menjadi korban atas semuanya itu.Bayangkan negara kita sempat menjadi 8 besar di dunia karena tingkat pembajakannya.Tapi untungnya sekarang sudah menurun 1% dari 85% menjadi 84%.. Negara kita pun menjadi 12 besar pada tahun 2007…Tapi kita tidak senang dahulu karena tingkat kerugian negara kita malah meningkat..Pada tahun 2007 kerugian negara mencapai 411S$ juta.Apalagi saat ini.

Yang menyebabkan pembajakan masih merajalela di Indonesia:

1.negara/pemerintah belum mempunyai komitmen yang kuat dalam melindungi kreasi2 warganegaranya.

2.Kita terlalu tergantungan dengan produk2 dari luar negeri sehingga membuat kita menjadi pribadi yang tidak kreatif.

3.Lalu menut Binsar,,,Rendahnya kemampuan produksi pabrik,lemahnya penegakan hukum dan budaya, masyarakat lebih menyukai sofware bajakan.

4.Inovator sering tidak bersedia mengucurkan tenaga dan biaya karena dengan waktu singkat produknya sudah dibajak.

5.Bisa juga dari orang dekat pencipta sofware,karena sering muncul produk bajakan terlebih dahulu..

Sebenarnya saya juga tidak munafik..Saya termasuk pengguna produk bajakan untuk belajar..Karena memang harganya relatif murah..Bayangkan saja progam windows yang kita pakai sehari-hari, kalau kita mencarinya langsung dari Microsoft harganya bisa beratus-ratus dollar.Tapi dengan adanya pembajak kita mendapatkan harganya sekitar Rp20.000,- perbedaannya jauh sekali bukan..

Tapi pendapat saya bagi para pembajak “Kalau ingin membajak,,bayangkan betapa sakit hatinya si pembuat progam ,kalau usahanya (dana dan tenaganya) cuma dihargai Rp20.000,-…”!!! Bayangkan kalau itu terjadi pada diri kita sendiri apa yang akan kita rasakan..Lagian gimana bangsa Indonesia mau maju..??Kalau gak ada usaha menciptakan sesuatu sendiri tanpa ngebajak..

Selain itu ada beberapa cara untuk menanggulangi pembajakan di indonesia:

  1. Mencangkul semangat,menanam ide,memupuk ide dengan pembaruan,menjaga dan melindungi agar terhindar dari kemungkinan pencurian dan kebocoran terhadap pihak manapun.
  2. Dengan kesadaran tinggi dan sikap menghargai terhadap hak cipta,baru setelah itu kita bisa mengembangkan open-source, yang memang sudah didukung pemerintah..
  3. Produsen dapat memproduksi dua tingkat kualitas produk.Jadi ada produk mahal sesuai dengan kualitasnya dan produk murah di bawahnya tetapi lebih baik dari produk bajakan..

Tapi saya optimis tahun 2009 dan seterusnya tingkat pembajakan akan semakin menurun..Karna para aparat sudah mulai bertindak..Buktinya waktu saya ingin membeli produk bajakan untuk keperluan study di beberapa pasaran sudah tidak ada karena ada razia..

Info perundang-undangan:

pasal 72 ayat 3 :
Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Terima kasih telah membaca artikel saya..Mohon saran dan kritikannya…Terima kasih^^..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: