Cermati Saat Memilih Printer Laser

Sedang mencari printer untuk keperluan rumahan atau kantor? Mengapa tak mencoba printer laser saja? Kini printer laser berwarna harganya tak terlalu mahal, dan dilengkapi dengan berbagai kemampuan yang pasti bisa mendukung kebutuhan Anda.

Printer laser memiliki kemampuan mencetak yang cepat. Minimal dua kali lebih cepat dari printer inkjet. Untuk jumlah cetakan yang sama, harga tintanya pun masih lebih murah dibandingkan menggunakan printer inkjet.

Cara kerja printer laser mirip dengan mesin fotokopi, yaitu menggunakan photographic drum. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga cukup tajam dan hemat biaya tinta. Printer laser adalah pilihan yang tepat bagi untuk pengguna kantoran, di mana frekuensi mencetaknya sangat tinggi. Namun, pengguna rumahan juga tak ada salahnya menggunakan printer laser, untuk alasan ekonomis.

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli printer laser, hal-hal berikut bisa dijadikan panduan sederhana:

Resolusi
Nilai resolusi berkaitan dengan hasil cetakan. Semakin tinggi resolusi, maka semakin baik pula kualitas hasil cetakan. Dengan resolusi yang lebih tinggi, makin banyak detail yang ditampilkan. Resolusi biasanya diukur dengan satuan dpi (dot per inch), yaitu nilai titik warna dalam satu inci. Umumnya printer laser saat ini mampu mencetak hingga 1200 x 1200 dpi.

Bagi yang hanya ingin mencetak teks biasa, tentu tidak memerlukan resolusi yang terlalu tinggi. Namun, bagi profesional justru sebaliknya, dibutuhkan printer profesional beresolusi tinggi, namun tetap ekonomis. Biasanya, harga printer profesional yang memiliki resolusi tinggi lebih mahal, namun tak demikian dengan Samsung Laser Printer ML-2010. Printer desktop profesional ini selain memiliki harga yang kompetitif, dilengkapi dengan teknologi yang pasti bisa menghemat uang Anda, seperti toner-save button yang bisa menghemat toner hingga 40% namun tetap mencetak dengan kualitas tinggi, serta toner yang berkapasitas besar (3000 halaman).

Kecepatan Mencetak
Semakin cepat cetakan yang dihasilkan dengan warna yang tetap bagus, maka semakin baik printer tersebut. Kecepatan umumnya diwakilkan dengan satuan ppm (page per minute). Kecepatan mencetak tergantung pada kapasitas memory dan kecepatan prosesor printer.

Ukuran Kertas
Printer laser biasanya memiliki kemampuan mencetak hanya pada kertas A4, untuk ukuran kertas yang lebih besar, misalnya A3, digunakan printer inkjet. Ukuran kertas kadang perlu menjadi pertimbangan bagi Anda yang banyak berkecimpung dalam dunia desain grafis dalam memilih tipe printer.

Koneksi

Printer memiliki berbagai jenis koneksi yang menghubungkannya dengan komputer Anda? Koneksi yang paling standar adalah paralel port. Namun, kini juga ada printer yang menggunakan printer dengan koneksi USB atau FireWire. Untuk pilihan koneksi yang lebih canggih, Samsung ML-2550 , ML-2551N dan ML-2552W adalah printer laser yang dilengkapi koneksi wireless, untuk setting printer jaringan tak perlu lagi mengatur kabel-kabel yang mengganggu.

Memory
Memory printer memengaruhi kecepatan printer dan juga kapasitas kerjanya. Untuk printer yang digunakan secara bersama-sama dalam jaringan, dibutuhkan memory yang cukup besar untuk menampung pekerjaan cetak yang akan diproses. Rata-rata printer laser profesional memiliki memory mulai dari 32 MB hingga 160 MB.

Printer Multifungsi
Bagi pengguna rumahan yang menginginkan printer multifungsi, Samsung MFP SCX-4200 mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Printer multifungsi ini memiliki ukuran yang kecil, namun memiliki banyak kemampuan. Mengkopi, scan atau mencetak bisa dilakukan melalui
printer ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: