Dinosaurus Berjambul dan Berparuh Bebek

Sosok dinosaurus berjambul dan berparuh bebek yang sempat terabaikan di Meksiko selama 20 tahun.

Spesies dinosaurus baru ditemukan di Meksiko tanpa sengaja setelah fosilnya terabaikan selama 20 tahun. Seorang paleontolog sempat menggunakan serpihan-serpihan fosil tersebut untuk mengajar anak-anak sekolah mengenai teknik penggalian fosil.

“Saya awalnya benar-benar hanya menganggapnya sebagai sampah saja,” ujar Martha Carolina Aguillon Martinez.

Dua puluh tahun kemudian, ia baru sadar bahwa fosil yang dipakainya adalah seekor dinosaurus berjambul dan berparuh bebek yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Namun, itu pun setelah ia melakukan penggalian lebih banyak dan rekonstruksi.

“Mereka mirip peniup terompet, ini benar-benar unik dan aneh,” kata Terry gates, paleontolog dari Museum Sejarah Alam Utah, AS, yang ikut menggali. Keunikannya terletak pada bentuk kepalanya dengan lubang hidung di bagian atas dan memanjang.

Para peneliti memberi nama ilmiah Velafrons coahuilensis. Spesies tersebut masuk dalam kelompok hadrosaurus bersama sekitar 10 dinosaurus bertanduk lainnya yang rata=rata ditemukna di wilayah Amerika Utara.

Fosilnya hanya 7,5 meter, tetapi hewan yang hidup 72 juta tahun lalu ini dapat tumbuh hingga 10 meteran. Meski sebesar T-rex, ia termasuk jenis herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan).

“Sampai ke Kanada, terdapat dinosaurus yang mirip dengannya,” ujar Gates. Penemuan ini mengungkap informasi baru bahwa dinosaurus berparuh bebek mungkin melakukna migrasi ke selatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: