Mengatasi Gangguan pada AC

Di saat polusi dan tingkat kelembaban udara semakin meningkat, kehadiran penyejuk udara atau AC (air conditioner) di setiap ruang, khususnya kamar tidur, menjadi kebutuhan mendasar masyarakat urban. Dengan adanya AC, tidur jadi lebih nyaman dan berkualitas. Udara di dalam ruangan pun lebih sehat berkat adanya sistem filterisasi udara di hampir semua produk AC keluaran terbaru.

Tapi kenyamanan dalam menikmati udara sejuk dan bersih ini kerap kali terusik karena adanya gangguan atau kerusakan pada AC. Sekali saja AC tidak bekerja optimal, akan membuat jengkel seisi rumah. Maklum, udara di negeri tropis seperti Indonesia sangat lembab dan banyak mengandung uap air sehingga kita sangat mudah berkeringat. Kipas angin tentu tidak bisa menggantikan peran AC.

Gangguan yang terjadi pada AC tidak lepas dari tiga hal, yaitu AC tidak dingin, mengeluarkan suara berisik atau terjadi kebocoran di perangkat indoor. Yang paling mengesalkan tentu jika AC tidak lagi mengembuskan udara dingin. Tapi suara bising yang keluar dari perangkat indoor juga cukup mengganggu kenyamanan tidur dan kebocoran air benar-benar merepotkan karena mengotori ruangan dan bisa merusak tembok.

Sebelum memanggil petugas reparasi, perlu diketahui bahwa tidak semua gangguan tadi disebabkan oleh kerusakan pada AC. Beberapa gangguan disebabkan oleh hal-hal kecil yang bisa dibenahi sendiri tanpa harus memanggil ’tukang servis’.

Berikut beberapa faktor yang menimbulkan gangguan pada AC dan cara penanggulangannya:

  1. AC tidak dingin. Fungsi utama AC adalah untuk mendinginkan udara. AC yang tidak dingin bisa disebabkan pengaturan suhu yang tidak benar. Pastikan angka pengaturan suhu pada remote sudah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, pastikan filter atau sirip indoor AC tidak kotor karena kotoran dapat menghambat hembusan udara AC. Penyebab lainnya adalah freon AC habis atau terjadi kerusakan baik pada sistem kelistrikan AC maupun pada sistem pemipaannya seperti kebocoran kompressor, pipa, evaporator dan kondensor.
  2. Suara berisik. Indoor AC yang berisik dapat terjadi karena penempatan dudukan indoor yang kurang baik, ada bagian body AC yang bergetar atau terjadi kerusakan pada bagian indoor. Berhati-hatilah saat ingin membetulkan dudukan indoor. Bila Anda tidak yakin dengan kemampuan sendiri dalam mengatasi masalah ini, segera hubungi ahli perbaikan AC.
  3. Kebocoran indoor. Indoor unit kadang mengeluarkan tetesan air atau ’berkeringat’. Tapi bila sampai terjadi kebocoran, berarti ada yang kurang beres dengan AC Anda. Hal ini bisa disebabkan karena AC kotor sehingga mengganggu saluran pembuangan air. Penyebab lainnya adalah karena posisi indoor yang tidak rata atau posisi saluran pembuangan air kurang baik. Bila semuanya sudah diperiksa tapi kebocoran tetap ada, berarti terjadi kerusakan pada saluran penampungan air.

Rutin Dibersihkan
Tidak sedikit dari gangguan-gangguan AC di atas yang disebabkan oleh kotoran. Ingat, AC bekerja dengan cara menyedot dan menyaring udara luar untuk menghasilkan udara sejuk AC ke seluruh ruangan. Konsekuensinya adalah terjadi timbunan kotoran pada komponen AC yang berasal dari udara luar. Bila tidak sering dibersihkan, timbunan kotoran tadi akan menghambat sirkulasi udara dan membebani kerja kompresor dan komponen AC lainnya.

Ada dua proses pembersihan AC. Pertama, pembersihan kecil terhadap indoor unit yang bisa dilakukan setiap dua minggu sekali. Komponen indoor yang mudah kotor dan harus dibersihkan adalah filter dan penutup AC. Kedua, pembersihan besar yang mencakup komponen evaporator pada indoor unit dan pembersihan pada outdoor unit (bagian luar). Pembersihan besar ini cukup dilakukan tiga bulan sekali.

Agar tidak merepotkan dalam perawatan AC, pilihlah AC yang mudah dibersihkan dan dilengkapi petunjuk penggunaan dan perawatan dalam bahasa Indonesia. Produk AC keluaran Samsung, misalnya, memiliki filter udara yang mudah dicopot dan mudah dibersihkan. Cara pengoperasian pun sederhana, dilengkapi dengan remote control yang tombol-tombolnya diatur secara sistematis sehingga mudah digunakan oleh siapapun. Contohnya adalah Samsung AS12FAN.

AC ini sudah dipersenjatai dengan Silver Nano Technology untuk menyaring partikel debu mikrospik, sekaligus membasmi jamur, bakteri dan menghilangkan bau tak sedap. Produk ini juga dilengkapi Mode Good’sleep yang membantu menciptakan atmosfer sejuk, sehat dan teratur sesuai kebutuhan tubuh saat tidur.

Dengan melakukan perawatan rutin terhadap AC, Anda tidak hanya mempertahankan udara sejuk di dalam ruangan tapi juga memperpanjang umur AC.

1 Komentar (+add yours?)

  1. asyer
    Feb 07, 2009 @ 05:50:15

    aku mau minta tips….cara penanggulangan kerusakan ac merk DAIKIN
    masalahnya; ac-nya mati saat out door masuk akibatnya in door lansung mati,

    gimana sich cara menanggulangi kerusakan2 pada ac utamanya pada ac caset, ???????

    apa masalahnya kalo ac mati2 ??????

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: