Planet Asing mengandung Metan dan Uap Air

Ilustrasi HD 189733b, planet sebesar Jupiter yang berada pada jarak 63 tahun cahaya dari Bumi. Atmosfernya mengandung uap air dan metan.

Untuk pertama kalinya, senyawa metan dan uap air terdeteksi bersama keberadaannya di sebuah planet asing di luar tata surya. Molekul-molekul organik tersebut terdeteksi di atmosfer planet yang berada pada jarak 63 tahun cahaya dari Bumi.

Metan yang tersusun dari unsur karbon dan hidrogen merupakan senyawa organik paling sederhana. Dengan reaksi tertentu, metan dapat membentuk senyawa kimia prebiotik yang diyakini sebagai pembentuk kehidupan.

Para astronom mendeteksi metan di planet sebesar Jupiter di konstelasi bintang Vulpecula yang diberi nama HD 189733b menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble. Planet ini merupakan jenis planet gas yang jarak orbitnya dengan bintang sangat dekat sehingga suhu permukannya mencapai 900 derajat Celcius.

“Metan di sini, meskipun kita dapat menyebutnya unsur organik, tidak dihasilkan organisme sebab terlalu panas di sana,” ujar Giovanna Tinetti dari Universitas College, London, salah satu anggota tim astronom yang mempelajarinya. Tinetti bersama Mark Swain dan gauthern Vasisht dari Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California, AS mendeteksi metana dengan teknik spektroskopi.

Pengamatan dilakukan saat planet tersebut bergerak di antara bintangnya dan arah pengamat. Berkas cahaya bintang yang melewati atmosfer planet tersebut akan dibiaskan dan setiap komponenenya dapat menunjukkan jejak senyawa tertentu.

Dengan teknik ini para astronom tersebut tidak hanya menemukan metan, namun juga uap air. Temuan uap air mengonfirmasi hasil pengukuran sebelumnya di planet tersebut dengan teleskop ruang angkasa Spitzer.

Teknik tersebut mungkin akan bermanfaat untuk mencari jejak kehidupan di planet-planet asing lainnya yang lebih mendukung kehidupan daripada HD 189733b. JUmlah planet asing atau sering disebut ekstrasolar yang sudah ditemukan saat ini mencapai 270. Sebagian merupakan planet gas yang sangat panas, namun beberapa planet padat seperti Bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: