Hati-Hati PenipuaN!!!

Kalau kamu termasuk orang yang sering surfing atau berselancar di internet, berhati-hatilah! Karena disadari atau tidak ternyata banyak sekali orang-orang bermaksud jahat melakukan aksinya lewat internet. Mulanya mereka seperti menolong atau memberikan solusi bagi kebutuhan kita tapi ujungnya mereka berbalik melawan dan biasanya sering berakhir dengan hilangnya uang kita. Penipuan lewat media internet ini jenisnya banyak. Jadi ada baiknya kalau kamu mengenali satu persatu supaya lain waktu bersurfing di internet bisa lebih berhati-hati.


Penawaran Jasa Palsu

Bentuknya seperti orang atau perusahaan yang menawarkan berbagai macam jasa atau produk kerjasama, bisa macam provider internet (ISP) atau jasa web designer. Modus aksinya adalah menawarkan jasa melalui iklan di web yang dapat berbentuk banner atau lainnya. Kemudian apabila kita mengontak mereka ( biasanya melalui email ), mereka memberikan jadwal atau rincian jasa berikut harganya, persis seperti pelaku bisnis pada umumnya. Tapi begitu pihak kita melakukan pembayaran atau mengirimkan uang ke alamat yang dituju, mereka pun lenyap seperti ditelan bumi. Tidak ada balasan apalagi jasa atau produk seperti yang janjinya mau diberikan ke kita. Kejadian macam ini sudah sering terjadi dan jumlah uang yang menguap pun tidak sedikit. Di Amrik sana saja penipuan model ini sudah menelan ribuan dolar.

Tip saran
Jangan coba-coba deh buat bisnis secara online kalau nantinya tidak mau tertipu oleh orang yang belum pernah kita kenal atau lihat fisiknya. Tapi kalau pun kamu terpaksa, mintalah referensi dan konfirmasi transaksi secara tertulis. Ini setidaknya bisa dijadikan bukti kalau nantinya ada masalah. Satu lagi yang pokok, jangan pernah mau disuruh bayar apapun sebelum ada kepastian produk jasanya bakal kamu terima.


Penawaran Barang Kosong

Bentuk dan kejadiannya persis seperti penawaran jasa palsu di atas, cuma bentuknya adalah produk jadi. Kamu memesan barang dari sebuah katalog yang dimuat lewat web dengan harapan barang itu akan dikirim melalui pos. Tapi setelah ditunggu-tunggu ternyata barang pesanan itu tidak kunjung datang juga ( memang nggak pernah dikirim kok!).

Tip saran
Kamu berhak buat curiga kalau harga barang yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga normal karena biasanya ada sesuatu di belakangnya. Begitu juga kalau ada penawaran yang memakai kata-kata setengah memaksa atau menekan supaya uangnya dikirim secepatnya. Situs yang baik biasanya memuat juga opini dari pembeli lain tentang suatu barang. Baca baik-baik terutama keluhan atau kritik yang diberikan. Apabila kamu sudah memesannya, bersiap-siaplah untuk menghadapi kemungkinan adanya kerusakan pada produk yang dikirimkan. Resiko terbesarnya adalah kemungkinan barang yang dikirim tidak seindah apa yang kamu harapkan.


Iklan Online Berbahaya

Pikir dua kali dulu terhadap semua yang ditulis oleh iklan online. Jangan mudah percaya terutama dengan pihak yang menawari kamu iklan yang berbau gratisan…karena bukan tidak mungkin itu jalan mereka buat menipu korbannya. Satu yang perlu diingat, jaga baik-baik setiap password yang kamu dapat dari serangan orang-orang yang bermaksud jahat. Mereka berkedok pihak keamanan (network security) atau sebangsanya yang bisa dengan leluasa meminta kamu memberikan suatu password. Kalau kamu mendapat password dari suatu penyedia jasa di web, macam email atau provider, maka pihak tersebut tidak akan pernah meminta anggotanya untuk memberikan password yang telah diberikan tanpa alasan yang jelas. Jadi kalaupun ada yang meminta, mereka pasti mau berniat tidak baik. Sekali mereka mendapatkan password kamu, bisa jadi data-data yang kamu punya hilang oleh mereka.


Menang Lomba Khayalan

Penipuan model ini biasanya memakai kartupos elektronik yang dikirimkan ke berbagai alamat email. Tulisannya kurang lebih seperti ini, “Selamat Anda mendapat undian 1 Milyar, hanya dengan mengirimkan sepuluh ribu rupiah ke…”. Nah, kalau kamu mendapat email semacam ini, hanya ada satu cara untuk menjauhinya, yaitu buang saja! Cara membuangnya persis seperti kamu membuang surat-surat email yang sudah tidak berguna.


Jadi kesimpulannya, banyak hal yang tidak pasti di internet. Begitu banyak orang yang mengambil manfaatnya, banyak juga orang yang melecehkan dengan menjadikannya sebagai alat penipuan mutakhir. Selama kamu mau berhati-hati dan tidak mudah terbujuk maka selamat pula kamu dari jebakan para penipu jagad maya itu. Selamat bersurfing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: