KegiAtAN UniK AkHiR TaHuN PeLaJaRaN

Kenaikan kelas sudah di depan mata. Biasanya minggu terakhir sebelum pembagian rapor tiba diisi dengan berbagai acara yang sifatnya ‘cooling down’ setelah ujian akhir. Para pengajar di beberapa negara ternyata mempunyai tradisi unik juga untuk merayakan hari terakhir mereka bersama dengan mengadakan suatu kegiatan lain dari biasanya. Kamu boleh ambil ide mereka dan diskusikan bersama para teman serta gurumu buat dipakai pada acara sekolah. Selamat mencoba!

1. Guru lawan murid

Pertandingan antar kelas tentu sudah biasa. Bagaimana kalau sekarang giliran kamu dan teman-temanmu adu kekuatan dengan para guru? Pilih pertandingan yang butuh banyak orang, macam bola voli atau basket misalnya. Pertandingan antar tim biasanya selain lebih ramai juga bisa melibatkan banyak orang yang ujungnya butuh kekompakan bersama. Kalau waktu pertandingan sudah mufakat, sebarkan ke seluruh sekolah supaya mendapat suporter yang banyak. Semakin banyak orang yang menonton sudah pasti pertandingan pun akan menjadi lebih seru. Jangan lupa memilih hadiah kenang-kenangan yang unik juga, dan usahakan baik yang menang maupun yang kalah sama-sama mendapat suvenir. Tujuan dari pertandingan ini untuk menjalin kebersamaan jadi usahakan dalam bermain pun faktor kesenangan jangan dilupakan.

2. Panggung pertunjukan spesial

Ingin menyajikan pertunjukkan yang berbeda? Boleh juga ambil ide ini. Ajak teman-temanmu untuk membuat aksi panggung dengan tema gabungan dari beberapa pelajaran yang pernah didapat selama setahun. Jadi nantinya bisa saja ada acara baca puisi dengan tema sejarah, atau aksi operet dan lawak dengan tema matematika atau fisika. Dijamin penontonnya gak bakal ngantuk deh!

3. Kuis Siapa Berani

Pasti sudah pernah lihat kuis Siapa Berani kan? Nah, model adu kepintaran macam ini bisa dipakai sebagai lomba antar kelas kalau sudah bosen dengan acara cerdas cermat. Jadi tiap kelas bukan lagi hanya diwakili 3 orang saja, tapi bisa 20 sampai 30 orang. Masing-masing tim sebelum diberi pertanyaan harus beraksi dulu lewat nyanyian atau tarian. Dan nantinya dari satu tim tersebut bisa diambil satu orang yang paling jago jawab pertanyaan buat diadu kepintarannya dengan perwakilan tim yang lain. Sudah pasti acara cerdas cermat model begini bakal banyak menyedot penonton dan seru punya!

4. Tebak Kata

Ini adalah lomba adu kepintaran model cerdas cermat hanya lebih variatif. Tiap kelas tetap diwakili oleh 3 orang, hanya model pertandingannya satu lawan satu. Pertanyaannya pun bukan dari pihak juri tapi masing-masing tim harus saling melemparkan pertanyaan, mirip berbalas pantun. Tim yang paling banyak menjawab pertanyaan itulah yang menang dan berhak maju ke babak berikutnya. Puncak pertandingan tentu saja di arena babak final.

5. Pameran karya seni

Ajak teman-temanmu yang jago bikin gambar, lukisan atau karya nyeni lainnya buat unjuk gigi dengan mengikuti acara lelang seni. Pajang karya-karya mereka di sebuah aula atau sepanjang dinding koridor sekolah supaya seluruh orang dapat menikmatinya. Lebih seru lagi kalau para seniman sekolah ini diberi kesempatan buat menjual karyanya bagi siapa saja yang tertarik. Tentu saja ada bagian khusus dari hasil perdagangan buat kas sekolah yang bisa dipakai untuk menyumbang aksi sosial misalnya. Keren banget kan kalo sekolahmu bisa menjadi galeri seni, walaupun cuman sehari saja.

6. Festival pelajaran

Minggu akhir di sekolah biasanya penuh dengan acara lomba olahraga dan seni. Sebenarnya bisa saja disisipi dengan acara non lomba, macam diskusi atau demo percobaan dengan suasana yang santai. Diskusi buku, misalnya, cocok buat acara ngobrol antar pecinta buku. Buku yang dibahas juga nggak perlu yang berat banget, ambil saja buku Harry Potter atau Tintin misalnya. Ceritakan apa yang menarik dari petualangan mereka. Sedang buat yang hobi fisika dan kimia bisa mendemonstrasikan percobaan-percobaan yang unik, macam mempraktekan teorinya Aristoteles atau gravitasinya Newton. Guru bisa diajak sebagai pembimbing atau bahkan sebagai peserta juga. Karena bukan lomba, jadi nggak ada dong acara siapa yang menang dan kalah. Tujuan acara ini adalah berbagi ilmu dan pengalaman. Itu saja!

7. Pameran hobi

Banyak orang di dunia ini yang hobi mengoleksi suatu barang. Mereka bisa menjadi kolektor perangko, suvenir, lukisan atau film DVD. Nah, bagaimana kalo sekolahmu mengadakan pameran buat memberi kesempatan murid dan guru menggelar koleksi mereka. Pameran bisa mengambil tempat di lapangan terbuka (selama tidak hujan) dengan tema bebas. Acara semacam ini selain membuat aktif banyak pihak juga bisa menjadi ajang tukar antar sesama kolektor.

8. Buku kenangan bersama

Ingin mencetak kenangan dalam setahun untuk selamanya? Jawabnya adalah buku! Kalo biasanya kamu mencetak buku kenangan yang diisi foto dan data diri, bagaimana kalo sekarang diisi dengan sesuatu yang lebih ‘hidup’. Ajak teman-temanmu untuk berkreasi sesuka hati tentang kenangan dalam setahun. Bentuknya bisa puisi, lirik lagu, gambar atau karangan cerita. Lebih seru lagi kalo para guru juga ikut aktif dalam karya ini. Kumpulkan seluruh hasil karya tersebut dan jillid dalam bentuk yang unik. Kalo begini dijamin semua bakal setuju!

9. Terbang bersama layang-layang

Cara unik lainnya dalam mengungkapkan ekspresi hati selama setahun adalah menuliskannya di layang-layang. Satu layangan bisa untuk memuat tulisan tiga sampai lima orang. Begitu hari kenaikan kelas tiba atau pada hari penutupan lomba, terbangkan layang-layang itu secara ramai-ramai. Selain seru dan meriah juga bisa mengikat kebersamaan.

10. Film Reality Bites versi sekolah

Kamu bisa kok membuat film dokumenter mini dengan tema sekolah. Wawancarai saja beberapa murid dan guru mengenai kesan-kesan dan cerita lucu selama setahun dengan memakai handycam. Kemudian pindahkan film tersebut ke dalam cakram VCD dan salin buat siapa saja yang mau menyimpannya. Ini bisa menjadi alternatif kenang-kenangan pengganti buku tahunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: