MeNGgaPai ImpiAn,MeRaiH CiTa-CiTa

Apa agendamu di tahun 2008 ini? Mengisi agenda dengan sederetan resolusi memang sudah menjadi tradisi yang populer begitu memasuki bulan Januari. Kita seakan-akan ingin membuat perubahan pada diri sendiri ke arah yang positif. Tema keinginan yang paling sering ditulis oleh setiap orang adalah perbaikan pada kesehatan, baik jasmani maupun rohani. Misalnya bercita-cita untuk berolahraga lebih banyak, atau bertekad untuk bersikap baik kepada sesama. Itu tidak salah, justru bagus sekali. Masalahnya adalah sejauh mana kamu bisa mencapai resolusimu dan seberapa kuat bisa mempertahankannya? Nah, jangan keburu kecil dulu. Simak deh petunjuk-petunjuk afdol di bawah ini yang dijamin bisa membuat resolusi yang kamu ciptakan tidak mubazir begitu saja.

1. Buat cita-cita yang bisa diraih, dan yakini diri kalau kamu pasti bisa meraihnya. Sering kita merasa gagal dalam meraih keinginan atau cita-cita yang sudah dibuat. Hal ini dikarenakan kita sendiri yang terlalu kreatif membuat cita-cita yang tidak realistis dengan keadaan diri kita sendiri. Simpan dulu saja keinginan untuk merubah dunia. Fokus pada cita-cita yang berefek pada diri sendiri dan masih dalam area jangkauanmu. Misalnya kamu bertekad untuk berolahraga lebih banyak atau bersikap baik kepada sesama. Setelah itu, percaya pada diri sendiri kalau kamu bisa meraihnya. Keyakinan diri dan komitmen atau keteguhan hati adalah resep keberhasilan. Pokoknya pede aja lagi!

2. Tulis resolusimu secara lengkap dan terperinci.Tekad yang terlalu umum atau tidak jelas bisa buat kamu susah untuk mencapainya. Lebih baik kamu buat cita-cita yang spesifik, macam “Saya akan berolahraga selama 30 menit pada setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu” atau “Saya akan memberikan satu buah pujian yang tulus buat satu orang di rumah setiap harinya.” Tulis tekadmu itu pada secarik kertas dan letakan di suatu tempat supaya dapat terbaca setiap waktu. Misal di cermin kaca, jadi sambil menyisir rambut secara tidak sengaja kamu selalu membacanya. Dengan membacanya setiap waktu berarti kamu akan selalu diingati, yang ujungnya kamu akan selalu termotivasi untuk melaksanakannya setiap hari.

3. Buat jangka waktu dan biasakan untuk selalu disiplin. Supaya bisa mencapai ke tujuan kamu perlu membuat pembagian waktu yang berisi langkah-langkah yang harus dikerjakan. Pada setiap langkahnya buat batas final kapan harus selesai. Misal cita-citamu tadi adalah berolahraga selama 30 menit setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu. Mulailah dengan 15 menit pada minggu pertama, kemudian bertambah menjadi 20 menit, 25 menit sampai kemudian 30 menit pada minggu keempat. Atau mulai dari sekali seminggu, kemudian dua kali hingga akhirnya bisa tiga kali seminggu. Buat tanda pada setiap langkah yang telah dilaksanakan, misal dengan mencoret atau memberi tanda bintang sebagai lambang keberhasilan. Sekali-kali boleh juga memberi diri sendiri hadiah, hitung-hitung sebagai penambah semangat. Karena bisa saja, kamu merasa jenuh atau bosan terus putus tengah jalan, atau gawatnya lagi balik ke kondisi semula. Nah, supaya nggak mengalami hal seperti itu, kamu harus tetap semangat dan jangan mudah menyerah.

Sekarang mungkin kamu sudah punya tekad yang ingin diraih di tahun 2003 ini. Jangan sia-siakan tekad tersebut. Kalau kamu membiasakan diri untuk selalu membuat tekad atau cita-cita lengkap dengan langkah-langkah nyatanya, bisa dipastikan hidup kamu juga akan lebih terarah dan rapih, alias tidak berantakan kemana-mana tanpa tujuan. Kalau misalnya cita-cita yang kamu buat dirasa terlalu berat atau kamu punya impian yang kayaknya susah diraih, jangan putus asa dulu. Anggap saja impian besarmu itu adalah kemenangan pada pertandingan final, dimana untuk mencapainya kamu harus melalui dulu beberapa pertandingan sebelumnya. Keberhasilanmu mengerjakan langkah demi langkah dalam proses meraih cita-cita ibarat kemenangan yang kamu raih pada setiap babak pertandingan. Satu hal yang tidak boleh dilupakan : tetap semangat dan jangan mudah menyerah. Kegigihan akan selalu berbuah manis. Percaya deh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: