VIRUS KOMPUTER

Virus komputer adalah progam buatan manusia. Bila suatu sistem telah diserang oleh virus, maka lama – kelamaan kerja komputer akan terganggu, apalagi jika virus tersebut ganas, maka komputer akan macet atau tak berfungsi sama sekali.

Tidak semua progam virus dibuat untuk merusak, ada yang dibuat untuk melindungi hasil karyanya agar tidak dibajak. Progam yang dirancang untuk merusak progam lain tetapi tidak dapat menempelkan dirinya tidak dapat disebut sebagai virus tetapi sebagai Electronic Vandalism. Saat ini dikenal lima kelas, yaitu

  • Worm
  • Virus
  • Trojan
  • Horse (kuda Trojan)
  • Logic bom( bom waktu)
  • Trapdoor

Perbedaan yang sangat mendasar antara virus dan worm, yaitu walaupun keduanya memiliki sifat mempengaruhi kerja komputer, tetapi virus tidak selamanya memiliki sifat merusak. Virus memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri pada progam lain, maka jika progam pada komputer yang terserang virus diaktifkan, secara otomatis virus tersebut ikut aktif, sedangkan worm hanya memperbanyak diri dengan memanfaatkan ruang kosong pada memori komputer. Kegiatan memperbanyak diri dilakukan sampai memori penuh dan komputer menjadi macet.

Kuda Troya memiliki teknik integrasi yang dimiliki virus, tetapi dalam kuda troya disisipkan progam yang sangat berbahaya yang dapat menghapus dan menghancurkan dokumen di disket atau di harddisk.

Trapdoor suatu titik input ke sistem dengan membaypass sistem keamanan. Para Hackers umumnya menggunakan cara ini untuk membobol komputer yang akan dimasukinya dan jika ingin merusaknya. Pembobolan ATM bank umumnya juga menggunakan Trapdoor ini.

2 Komentar (+add yours?)

  1. mamas86
    Feb 17, 2009 @ 00:43:21

    Wah thank you atas infonya… Ada ga tutorial cara membuat virus yang gampang…:mrgreen:

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: