Akibat Terlalu Banyak Mabuk

Metabolisme Alkohol
Berikut ini adalah proses ilmiahnya sedikit :

Etanol dioksidasi menjadi asetaldehid melalui proses katalisis oleh enzim hidrogenase yang mengandung coenzim NAD+. Asetaldehid kemudian dioksidasi menjadi asam asetat dan akhirnya menjadi air dan CO2 melalui siklus asam sitrat. Sejumlah efek dari proses metabolik alkohol menyebabkan produksi asetaldehid dan NADH yang berlebihan .
Ini berarti :
Normalnya molekul alkohol kecil yang larut dalam lemak dapat dengan mudah berdifusi melewati membran plasma dan menyebabkan kerusakan yang berarti, jadi mereka harus dihancurkan menjadi zat yagn tidak berbahaya.
Pemasukan alkohol secara rutin dapat merusak sel liver – tapi memecah etanolmengoksidasi NAD sehingga substansi lain yang biasanya teroksidasi menjadi tidak teroksidasi, contohnya asam lemak. Asam lemak ini akan terakumulasi dan akhirnya berubah menjadi lemak dan akan tersimpan dalam liver. Semakin banyak lemak maka semakin banyak alkohol yang dikonsumsi.
Lemak yang tersimpan dalam hepatosit terkadang dapat mengurangi efisiensinya untuk menjalankan fungsinya. Ini disebut dengan hati yang berlemak.
Semua efek-efek ini ditambah dengan efek etanol menyebabkan cirrhosis dari hati.
Sel liver dihancurkan oleh ethanol, bentuk lobule terdistorsi dan sejumlah besar jaringan fibrous menjadi turun. Darah dari vena portal hepatik tidak mengalir menuruni sinusoid, jadi amoniak berakumulasi dalam darah dan merusak CNS. Ini dapat menyebabkan kematian atau koma. Hepatosit melakukan berbagai macam fungsi yang penting, sehingga kerusakannya dapat mempengaruhi banyak hal.

1 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Akibat Terlalu Banyak Mabuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: