Mengubah ABU MENJADI BERLIAN

Judul asli ;Coffins are out, diamonds are…forever
Pada akhir hidup , kita semua akan dimakamkan atau dibakar. Tetapi kini ada beberapa orang yang beruntung, sebab  akan diabadikan sebagai sebuah berlian. Ini semua berkat transformasi kimiawi ajaib.Sebuah perusahaan yang bernama Algordanza, berkantor di Swiss timur, wilayah Graubuenden, menawarkan layanan untuk mengubah abu menjadi barang berharga. Setiap bulan perusahaan ini memperoleh permintaan dari berbagai Negara.

Sebagai contoh seorang perempuan yang menyuruh putrinya menghubungi perusahaan ini, kemudian perempuan ini  meninggal pada usia 82 tahun,. Setelah dikremasi abunya kemudian berubah menjadi bertlian biru setengah karat. Berlian ini kemudian menghiasi leher anakya dan oleh sang anak merasa ibunya masih hidup dan ia merasakan aman, demikian yang diungkapkan oleh Galmarini- Hess, sang anak.
Memang sebagiaan orang akan merasa tabu atau ngeri  tentang ide ini, tetapi bagi Galmarini ide ini sangat luar biasa,
“Banyak sekali orang yang bertanya apakah mereka boleh mencium batu berlian tersebut” ungkap Hess
Rinaldo Willy, 28 tahun salah seorang pendiri Algordanza mengatakkan,
“Permintaan datang dari berbagai orang, dari pengemudi bus hingga professor filosofi”
Di laboratorium perusahaan sekitar 15 mesin pekerja  tanpa henti bekerja di bawah pengawasan para karyawan yang memakai kaca mata pelindung yang bekerja di belakang garis kuning dan hitam yang merupakan penghormatan bagi almarhumah.
“500 gram abu sudah cukup  untuk membuat sebutir berlian, sementara tubuh manusia bisa menghasilkan rata-rata 2,5-3kilogram abu.” kata Willy.
Pertama-tama  potassium dan kalsium yangenrupakan 85 % abu manusia dipisahkn dari karbon. Kemudian karbon dipanaskan dengan suhu dan tekanan tinggi- 1700 derajat C. Proses yang mengompres abu menjadi grafit yaitu alotrop karbon. Tekanan dan panas pada grafit akan mengubah grafit menjadi berlian-alotrop karbon yang terkeras. Proses ini berlangsung 6-8minggu. Lebih cepat dari pembentukan berlian alami yang memkan waktu sampai ribuan tahun.Setelah proses ini selesai , berlian yang kasar masih harus dipotong dan dipoles..
“Tiap berlian bersifat unik. Warna bervariasi dari biru gelap menjadi hampir putih” kata willy .
Tidak mungkin membuktikan bahwa semua berlian dibuat dari abu orang tertentu. Ada DNA bisa terbakar, tetapi ada cetakan kimiawi, abu yang dipasangkan saat abu tiba di laboratorium, sehingga bisa dilakukan dokumentasi dan melacak produk jadi.
Keseluruhan proses memakan biaya kurang lebih 4.500-17.000 franc(40juta-150 juta). Harga ini tergantung dari berat batu yang dihasilkan dan belum meliputi biaya pemolesan.
Sejak 2004 Algordanza yang dalam bahasa Roma berarti kenangan, telah berekspansi ke 20 negara Eropa, termasuk 6 negara di luar Eropa. Boomimg ‘berlian manusia’ juga melonjak di Rusia, Spanyol , Ukraina dan Amerika Serikat. Proses ini kata wily juga sangat popular di Jepang, yang menerima permintaan 2-4 guci setiap hari. Dan rencananya sebentar lagi akan memperluas pasar di Cina dan India. Sebab kini banyak orang yang meminta pelayanan perusahaan sebelum mereka meninggal dan hal ini bisa dicicil..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: