Handphone… Sebentar Lagi Gratis


MENELEFON ke luar negeri, sepenuhnya gratis. Siapa yang tidak mau? Melalui internet, sejak beberapa tahun lalu hal itu sudah terjadi, dengan menggunakan program seperti Skype atau MSN.

Kini, makin banyak orang menggunakan jasa internet melalui telepon genggam, telepon gratis ke luar negeri mungkin segera akan menjadi kenyataan.Paling tidak, secara teknis. Namun, perusahaan-perusahaan telepon, tentu tidak senang, sumber keuntungan mereka hilang begitu saja.Pekan ini, Skype mulai memasarkan suatu program baru. Dengan menggunakan tustel iPhone dan program tersebut, orang bisa ditelepon melalui internet. Langsung sukses. Piranti lunak ini, pada hari-hari pertama diunduh (download) oleh hampir sejuta orang. Piranti lunak memang sudah tersedia, namun pintu masuk untuk gratis bertelepon-genggam ria, belum langsung terbuka.

Laba
Perusahaan telekom T-Mobile adalah provider eksklusif bagi iPhone di Belanda. T-Mobile Belanda tidak mempersoalkan penggunaan Skype melalui jaringan mereka. Namun, T-Mobile Jerman memblokir penggunaan program ini dalam jaringan telepon mobil mereka. Alasan resminya, agar tidak terlalu membebani jaringan mereka.Menurut Jean-Paul Horn, pemrakarsa situs web iphoneclub.nl, itu omong kosong. “Masalahnya bukan beban jaringan, tapi hilangnya pendapatan. Jika semua orang memanfa’atkan kemungkinan telepon gratis melalui internet, pendapatan perusahaan telepon berkurang. Ini soal uang, bukan soal teknik”.Menurut pakar internet, Herbert Blankensteijn, memang ada masalah teknik. “Perusahaan Apple menentukan hal-hal apa saja yang bisa dan boleh diterapkan pada iPhone. Untuk menggunakan program Skype pada iPhone, orang harus mengunduh program yang dibuat oleh suatu perusahaan Amerika. Piranti lunak tersebut, memuat berbagai pembatasan”. Pembatasan yang sengaja dibuat, atas permintaan Apple.

Kabur
Di Amerika, perusahaan telekom AT&T adalah provider satu-satunya yang memungkinkan pemakai iPhone bisa menelepon. Menurut Herbert Blankensteijn pengaruh AT&T pada Apple besar: “Situasinya kabur. AT&T tidak mau pemakai jaringan mereka bisa menelepon gratis melalui internet. Mungkin, perusahaan telekom ini meminta Apple untuk membatasi fasilitas telepon melalui internet, hanya bagi pengguna Wi-Fi, atau pengguna internet tanpa kabel”.Jadi, konsumen di Amerika lah yang harus mendobrak kebuntuan ini. “Konsumen harus menuntut pada Apple, agar mereka bisa menelepon gratis, melalui telepon genggam”.Walaupun hal ini lebih merupakan masalah Amerika, ketimbang Eropa, anggota parlemen Belanda, dari Partai Buruh, PvdA, Martijn van Dam, ingin mendapat penjelasan. Ia mendesak Menteri Muda Perekonomian, Frank Heemskerk, supaya berusaha agar para pemakai mobil telepon bisa menggunakan Skype.

Menurut Martijn van Dam, apa jadinya jika setiap operator telepon, bisa menentukan sendiri pelayanan apa saja yang bisa, atau tidak boleh, dimanfa’atkan. “Atas perintah atau permintaan beberapa perusahaan telekom, Apple menentukan, Skype hanya bisa dimanfa’atkan oleh pemakai Wi-Fi dan tidak bisa digunakan oleh mobil internet. Tentunya untuk menghindari saingan. Jika demikian, Apple juga bisa memutuskan, orang hanya boleh membeli MP3, hanya melalui iTunes. Jika semua operator telepon menerapkan berbagai pembatasan, kekuasaan mereka pada konsumen, dan perusahaan-perusahaan penjual jasa, sangat besar”.

Tanpa aturan
Lembaga pengawas jasa telekomunikasi Belanda, Opta, dalam urusan pemblokiran Skype pada jaringan provider internet, tidak bisa melakukan tindakan apa pun. “Perusahaan-perusahaan telepon memang tidak boleh saling boikot satu sama lain”, kata Marilène Eijgenraam dari Opta. “Tapi, Skype itu jasa pelayanan internet. Kita belum punya undang-undang yang mengatur hal itu”.Sementara itu, Uni Eropa sedang menyusun berbagai aturan mengenai pelayanan, seperti misalnya Skype. Pada tanggal 21 April mendatang, Komisi Eropa akan memutuskan ketentuan baru bagi perusahaan telekom. Dengan demikian, bertelepon-genggam ria gratis, tampaknya masih belum menjadi kenyataan. Secara teknis tidak ada masalah, kini tinggal kemauan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: