Pocket Music 5.0, Alternatif Pengganti Windows Media


Windows Mobile merupakan versi mini dari sistem operasi Windows di PC desktop. Nama aplikasi yang ada di dalam Windows Mobile pun juga sama. Ada Internet Explorer, Windows Live Messenger, juga ada Windows Media.
Meski punya nama yang sama, fitur yang disediakan tidak sama. Contohnya, Internet Explorer terbaru di Windows Mobile belum mendukung tab, sementara di PC tab sudah tersedia. Atau terjadi juga pada Windows Media. Di versi PC ada equalizer, sementara di Pocket PC tidak.Berawal dari situ, sebagian pengguna berpikir untuk mencari aplikasi pemutar musik alternatif yang lebih nyaman digunakan. Jawabannya adalah: Pocket Music 5.0.

Pocket Music 5.0 (http://www.pocketmind.com /download.htm: pmusic.exe, 2,89MB) merupakan aplikasi pemutar musik untuk Pocket PC yang mendukung format musik MP3, WMA, ASF, OGG dan AAC. Di dalamnya ada segudang fitur hebat yang patut untuk dicoba.

Akses tanpa Stylus
Fitur pertama yang patut dicoba ialah fasilitas penggantian antarmuka. Pocket Music 5 memiliki dua jenis antarmuka. Desain utama yang aktif menggunakan tombol-tombol kontrol berukuran besar. Format tombol semacam ini sangat memudahkan pengguna dalam mengontrol musiknya dengan satu sentuhan tangan langsung ke layar PDA. Fitur ini utamanya berguna bagi PDA-PDA keluaran baru yang mengandalkan sentuhan tangan, tanpa stylus.

Jika stylus masih jadi benda keramat bagi Anda dalam mengoperasikan PDA, ada antarmuka WinAmp yang bisa digunakan. Dengan antarmuka ini, segala pengaturan musik mulai dari player utama, equalizer, playlist sampai menu-menu tambahan bisa diakses langsung dalam satu layar. Bentuk kulit dalam tampilan ala WinAmp juga bisa diubah-ubah dengan puluhan ribu varian skin WinAmp yang tersedia di Internet.

Sebagai pelengkap, aplikasi yang dibandrol dengan harga 19,95 dollar AS ini juga mendukung remote control Bluetooth dan headphone stereo. Fitur ini sangat cocok untuk penyuka musik yang gemar menggunakan PDA.

Lagu untuk Alarm
Yang menarik, Anda bisa memilih lagu-lagu favorit Anda untuk dijadikan alarm! Pada layar seting Pocket Music terdapat tab alarm, yang dapat digunakan untuk mengaktifkan dan mengatur waktu dinyalakannya alarm musik. Selanjutnya, Anda tinggal menyiapkan playlist lagu untuk alarm dan tunggu waktunya sampai musik dimainkan.

Bagi Anda yang suka dengan lagu-lagu non stop hits dengan durasi lagu yang panjang, disediakan fitur bookmark. Fitur ini akan membantu Anda untuk memutar kembali musik favorit Anda dari menit dan detik tertentu.

Penggemar lagu-lagu bergenre house music juga dirangkul oleh aplikasi Pocket Music. Hal ini terlihat dengan disediakannya tombol X-Bass di halaman utama program. X-Bass disediakan khusus untuk menyulap dentuman musik menjadi lebih bertenaga.

Deretan fitur yang dijelaskan di atas masih belum selesai. Pocket Music juga bisa jadi teman Anda di sela kantuk. Apabila Anda telah mengaturnya setting player di tab Timer, Anda bisa membuat agar PDA secara otomatis dinonaktifkan setelah beberapa menit tanpa aktivitas. Anda juga dapat mengatur agar seluruh tombol yang ada di hardware terkunci. Dengan demikian, saat Anda terlelap tidur, tidak ada tombol yang tak sengaja terpencet.

Nah, dengan sekian banyak fitur yang ditawarkan oleh Pocket Music, rasanya cukup pantas jika Anda mulai meninggalkan Windows Media dan beralih ke Pocket Music.

TIPS
Ada kalanya beberapa lagu tidak dapat diputar dengan sempurna dan terdengar terputus-putus. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengatur cache program. Caranya, masuklah ke Menu > Player options…. Pada tab General, geser slider bar Set read file cache size ke kanan. Geserlah slider ini secukupnya hingga lagu terdengar nyaman didengar. Jangan menggeser slider ini penuh ke kanan karena akan membebani memori PDA Anda.

Apabila cara di atas masih belum ampuh mengatasi permasalahan Anda, cobalah geser Decoder thread priority satu atau dua bar ke kanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: