Simpanse Dendam kepada Manusia?

SWEDIA – Seorang ilmuwan melakukan penelitian tentang prilaku Simpanse di kebun binatang. Ternyata, seekor simpanse memiliki rasa dendam kepada manusia.Penelitian yang dilakukan selama hampir beberapa dekade ini, menyebutkan jika seekor simpanse sering mengumpulkan batu-batu dan lempengan yang akan digunakan untuk menyerang para pengunjung kebun binatang Penelitian itu juga bisa membuktikan jika para primata itu di masa mendatang akan menggunakan cara yang sama seperti manusia dalam menyerang. Demikian seperti dikutip yahoonews, Selasa (10/3/2009).

Mathias Osvath –peneliti primata tersebut– memperhatikan Santino, seekor simpanse jantan, yang secara diam-diam mengoleksi batu-batu dan lempengan cakram sebelum para pengunjung di Kebun Binatang Swedia tiba.Kemudian, para simpanse itu melemparkan batu-batu ke arah para penonton. Menurut sejumlah temuan dari majalah Biologi, para penjaga kebun binatang juga menemukan banyak batu di sekitar kandang Santino.

“Dalam lima hari berturut-turut, sebelum kebun binatang dibuka, para simpanse mengumpulkan batu dan menaruhnya di tempat tersembunyi,” tulis Osvath yang berasal dari Universitas Lund ini.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa para kera juga memikirkan masa depan dengan pandangan dan cara yang sangat baragam.

“Dengan demikian hal itu akan berdampak pada pengembangan kesadaran termasuk simulasi mental. Dan ketika, para simpanse mengoleksi batu untuk menyerang, bisa jadi hal itu dilakukan sebagai latihan. Bisa ditebak, jika para kera itu sebenarnya memiliki banyak rencana di masa mendatang dibandingkan kebiasaannya sehari-hari,” ungkap Osvath dengan yakin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: